Pondok Ruqyah: Siapa Kami?

0
487

Pondok Ruqyah Qurrota A’yun, adalah tempat pengobatan alternatif untuk sakit fisik maupun non fisik dengan berusaha mencontoh tatacara yang diajarkan Rasulullah SAW yaitu mencari kesembuhan tanpa harus bertentangan dengan syariat Islam.

Pengobatan Rasulullah yang dia ucapkan, dia tetapkan(akui), dia amalkan, merupakan pengobatan yang pasti (bukan sangkaan), bisa mengobati penyakit jasad, ruh dan indra.

Dasar hukum yang kami pegang adalah:

“Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia turunkan untuk penyakit itu obatnya.” (HR. Bukhari no. 5678 dan Muslim, dari Abu Hurairah)[5] ”

“Sesungguhnya Allah tidaklah menurunkan penyakit kecuali Dia turunkan pula obatnya bersamanya. (Hanya saja) tidak mengetahui orang yang tidak mengetahuinya dan mengetahui orang yang mengetahuinya.” (HR. Ahmad 1/377, 413 dan 453.[6]) ”

“Setiap penyakit ada obatnya. Maka bila obat itu mengenai penyakit akan sembuh dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala.” (HR. Muslim no. 5705) ”

“Barangsiapa berpura-pura jadi thabib (dokter) sedangkan ia tidak tahu mengenal pengobatan, maka dia harus bertanggung jawab (jika terjadi mala praktik).” (HR. Ibnu Majah no.3457[7] dan Abu Daud no.3971[8], dengan derajat hadits …) ”

Macam Metode Pengobatan Kami:

1.RUQYAH
Ruqyah adalah metode penyembuhan dengan cara membacakan sesuatu pada orang yang sakit akibat dari ‘ain (mata hasad), sengatan hewan, sihir, racun, rasa sakit, sedih, gila, kerasukan, gangguan jin, dan lainnya. Dari Aisyah radiallahu ‘anhaa berkata;

“Bahawasanya Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam apabila sakit baginda membaca sendiri Al-Muawwizat [11], kemudian meniup padanya. Dan apabila rasa sakitnya bertambah aku yang membacanya kemudian aku usapkan ke tangannya mengharap keberkahan dari surah-surah tersebut.” (HR. Al-Bukhari).

2. BEKAM
Bekam adalah mengeluarkan darah kotor dari tubuh dengan cara menyedot pada sayatan ringan di kulit tubuh.

“ “Kesembuhan itu terdapat pada tiga hal, yakni minum madu, sayatan alat bekam, dan kay (sundutan) dengan api, sesungguhnya aku melarang umatku dari kay.” (HR. Bukhari)

3. HABBATUS SAUDAH
“Sungguh dalam habbatus sauda’ itu terdapat penyembuh segala penyakit, kecuali as-sam.” Saya bertanya, “Apakah as-sam itu?” Dia menjawab, “Kematian”. (HR.Bukhari)

4. MADU
“Dari perut lebah itu keluar cairan dengan berbagai warna, di dalamnya terdapat kesembuhan bagi manusia.” (QS. An-Nahl: 69)

5. MINYAK ZAITUN
“Konsumsilah minyak zaitun dan gunakan sebagai minyak rambut, karena minyak zaitun dibuat dari pohon yang penuh berkah.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

6. SIWAK
Bersiwak adalah menyikat gigi dengan Miswak, yakni sejenis ranting pohon yang lunak dan tidak melukai gigi dan memiliki kandungan getah yang tidak lengket dan berfungsi seperti pasta gigi.

“Jika tidak memberatkan umatku, (pasti) akan aku perintahkan mereka (mempergunakan) siwak pada setiap kali berwudhu.” (HR. al-Bukhari)

7. AIR ZAM-ZAM, DAUN BIDARA termasuk QOTMIL QUR’AN, MANAQIB dan DOA-DOA ISLAMI lainnya.

PONDOK RUQYAH QURROTA A’YUN
Dusun Kasemen No.50, RT/RT: 05/03
Desa Wangkalkepuh, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur
Kodepos: 61463
Tlp/WA: 0815-1442-0276

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here